Menghafal Jawaban Agar Lolos Tes Buta Warna, Mungkin Nggak Sih?

Menghafal Jawaban Agar Lolos Tes Buta Warna, Mungkin Nggak Sih?

Fahri Fadillah Nur Rizky baru-baru ini viral lantaran gagal ikuti pendidikan calon bintara Polri akibat disebut buta warna parsial. Ia sempat lolos, tapi terlihat dugaan ia menghafal jawaban tes buta warna.
Awalnya, kisah gagalnya itu disebut gara-gara ‘ditukar siswa yang gagal’. Namun, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengutarakan penyebab sebenarnya adalah buta warna parsial.

“Berdasarkan surat berasal dari Mabes Polri sebelum akan para peserta ikuti pendidikan, tersedia kegiatan supervisi yang dilaksanakan pada para peserta yang sudah lulus,” katanya dalam konferensi pers, Senin (30/5/2022).

“Kemudian supervisi yang dipimpin ketua tim menyebutkan yang berkaitan tidak memenuhi syarat dengan temuan buta warna parsial,” jelasnya.

Baca juga: Disebut Gagalkan Calon Bintara Polri, Seperti Apa Penglihatan Buta Warna Parsial? kunci sukses test lolos polri

Polda Metro menduga Fahri lolos seleksi step awal gara-gara menghafal buku tes buta warna. Sebab, pas dua kali turut seleksi sebelumya Fahri terhitung dinyatakan tidak memenuhi syarat gara-gara buta warna parsial.

“Kemungkinan terbesar yang berkaitan studi perihal buta warna, dia menghafal,” kata Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setioboedi dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Polisi Republik Indonesia (Polri) akan terhubung pendaftaran penerimaan Polri 2022 untuk Akademik Polisi (Akpol), Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Bintara, dan Tamtama. Penerimaan Polri 2022 ini sanggup diakses melalui laman resmi www.penerimaan.polri.go.id.

Hingga pas ini tetap belum tersedia informasi resminya kapan pendaftaran penerimaan Polri 2022 akan dibuka. Meski demikian, calon peserta penerimaan Polri 2022 berasal dari saat ini sanggup mempersiapkan syarat-syarat dan berkas pendaftaran yang dibutuhkan.

Berikut ini informasi perihal syarat, langkah daftar sampai link pendaftaran yang sanggup diakses oleh calon peserta. Persyaratan bagian kepolisian ini berdasarkan Pasal 21 (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 perihal Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Persyaratan Umum Penerimaan Polri 2022

Baca Juga: sekolah kedinasan TNI POLRI
Jadwal Penerimaan Polri 2022 Kapan Dimulai? Hati-hati Hoaks yang Beredar, Ini Penjelasan Resminya

Untuk diangkat jadi bagian Kepolisian Negara Republik Indonesia seorang calon wajib memenuhi syarat penerimaan Polri 2022 sedikitnya sebagai berikut :

Warga Negara Indonesia (WNI)
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pendidikan paling rendah SMA atau sederajat
Sehat secara jasmani dan rohani
Tidak dulu terlibat dalam masalah pidana yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Minimal berumur 18 tahun pada pas dilantik jadi bagian Polri
Berwibawa, jujur, adil serta tidak berkelakuan tercela
Itulah syarat-syarat umum yang wajib dipenuhi oleh peserta, tersedia terhitung syarat-syarat spesifik yang akan diberitakan cocok dengan pilihan jalur penerimaan Polri 2022 baik untuk Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama melalui laman www.penerimaan.polri.go.id.

Tidak cuma itu, peserta terhitung sanggup khususnya dahulu mempersiapkan berkas-berkas umum yang sanggup dipersiapkan berasal dari sekarang.

Berkas Penerimaan Polri 2022

Ijazah asli dan dilegalisir (SD-SMP-SMA)
Akta Kelahiran
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Surat Keterangan Kesehatan
Pas Foto 4×6 (10 lembar)
Peserta tetap wajib tunggu berkas spesifik yang disesuaikan dengan jalur penerimaan Polri 2022 yang dipilih sesudah informasi secara resminya sanggup dirilis. Seluruh informasi berkenaan penerimaan Polri 2022 sanggup diakses melalui laman resmi www.penerimaan.porli.go.id.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *